benarkah ibu hamil harus makan untuk 2 orang

Ada banyak mitos seputar kehamilan yang beredar dikalangan masyarakat, salah satu adalah adalah tentang ibu hamil yang harus makan untuk 2 orang.

Mitos itu meyakini, bahwa wanita yang sedang hamil harus makan untuk 2 orang, satu porsi untuk dirinya sendiri dan porsi yang satunya lagi untuk janin yang sedang dikandung.

Namun apa itu mitos itu benar? atau tepatnya benarkah ibu hamil harus makan untuk 2 orang?

Jika kita lihat sepintas lalu, hal ini memang logis, karena tentu janin yang sedang dikandung butuh makanan juga, dan ini artinya ibu hamil harus makan lebih banyak dari biasanya.

Namun perlu dipahami juga, bahwa kebutuhan makanan janin tidak seperti manusia biasa, karena mereka masih disuplai sumber makanannya ibunya.

Namun terlepas dari itu semua, bagaimana hal ini jika dilihat dari sudut pandang ilmu medis atau kedokteran?

Jawabannya langsung saja, menuru pakar kesehatan TIDAK BENAR bahwa ibu hamil harus makan untuk 2 orang!

Seorang pakar gizi, Katherine Tallmadge menuturkan, makan saat sedang hamil dengan porsi berlebihan justru beresiko menjadikan wanita yang sedang hamil mengalami kegemukan (obesitas).

Saat ini terjadi, aliran darah keseluruh tubuh akan mengalami gangguan, dan ini pastinya berimbas pada jain yang dikandung, yaitu suplai makanannya bisa terhambat sehingga akan menimbulkan masalah pada janin saat lahir.

Jadi sampai disini tentu sudah sangat jelas sekali, ketika wanita sedang hamil, sebaiknya jangan makan secara berlebihan, karena justru akan menimbulkan masalah.

Tapi ini tidak berarti bahwa ketika hamil porsi makan harus sama saja dengan ketika tidak hamil atau justru dikurangi.

Porsi makan saat hamil tetap harus lebih banyak dari biasanya, namun ada ukurannya, bukan seperti yang dikatakan yaitu makan untuk porsi 2 orang.

Ukuran tepatnya, yaitu kalori yang dikonsumsi oleh ibu hamil setidaknya sebanyak 450 gram saja perminggunya.

Jadi sampai disini sudah jelas, bahwa mitos yang mengatakan kalau ibu hamil harus makan sebanyak porsi 2 orang itu tidak benar.

Yang paling penting adalah makan secukupnya secara teratur agar janin kelak bisa lahir dengan keadaan yang sehat seperti yang diharapkan.